Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) UMS pada hari Selasa, 19 Mei 2019 meluncurkan sistem survey online terintegrasi. Sistem ini dibuat sebagai sarana untuk mengukur tingkat kepuasan stakeholder terhadap layanan maupun proses bisnis yang dijalankan Universitas Muhammadiyah Surakarta, baik di tingkat Program Studi, Fakultas, Unit, maupun Universitas.
Secara garis besar, sistem ini dibagi menjadi dua jenis, yakni survey mandiri dan survey terpadu (kriteria borang). Survey mandiri adalah survey yang dikelola mandiri oleh masing-masing program studi, fakultas, maupun unit di UMS. Sedangkan survey terpadu adalah survey yang pengelolaannya dilakukan oleh universitas berdasarkan kriteria borang akreditasi. Meski demikian, kedua jenis survey tersebut tetap terintegrasi menjadi satu kesatuan data di tingkat Universitas, dan dapat dianalisis secara keseluruhan.
Terdapat 2 jenis pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner, yakni pertanyaan dengan tipe skala 1-5 dengan menggunakan metode servqual (service quality) yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dan kepentingan, serta pertanyaan dengan tipe uraian atau esay. Setiap pertanyaan yang disajikan memiliki berbagai atribut berupa kriteria borang (kriteria 2 sampai kriteria 9), dimensi kualitas pelayanan (responsiveness, assurance, tangible, empathy, dan reliability), serta proses bisnis terkait. Dengan demikian, hasil survey akan dapat diidentifikasi berdasarkan kriteria borang, dimensi, maupun proses bisnis terkait.