You are currently viewing LJM UMS Kembali Mengadakan Pelatihan TOT E-Learning dan Pembelajaran E-Learning Bagi Para Dosen di UMS

LJM UMS Kembali Mengadakan Pelatihan TOT E-Learning dan Pembelajaran E-Learning Bagi Para Dosen di UMS

LJM mencermati bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu untuk disikapi oleh kalangan civitas akademika. Salah satu perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaraan adalah Learning Management System, yang dapat mendukung sistem pembelajaran berbasis e-learning tanpa mengurangi mutu pendidikan itu sendiri. Namun sampai dengan saat ini, sebagian besar dosen UMS belum maksimal dalam mengaplikasikan atau bahkan ada yang belum menggunakan Learning Management System. Padahal dalam mendukung tercapainya capaian pembelajaran (LO) maupun kompetensi lulusan (OBE) di Universitas Muhammadiyah Surakarta, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan media tersebut semakin penting untuk digunakan.

Untuk itu, pada tanggal 15 dan 16 Ferbuari 2019 dalam rangka meningkatkan keterampilan dosen dalam pembelajaran berbasis e-learning, khususnya dengan aplikasi Schoology, LJM kembali mengadakan Pelatihan TOT E-Learning dan Pembelajaran E-Learning bagi para dosen di lingkungan UMS. Kegiatan yang berlangsung di Laboratorium Komputer 1 FKIP ini dibagi dalam dua kategori kelas, yakni kelas dasar/basic, yang dilaksanakan pada hari pertama dan kelas lanjut/medium pada hari kedua.

Kelas dasar/basic, diikuti sebanyak 12 peserta, dengan instruktur Bp. Guntur Nurcahyanto, S.T., M.Pd. Pada kelas ini, hanya difokuskan pada pokok-pokok dalam membangun pembelajaran e-learning dengan schoology, yakni:

  1. Pembuatan dan penyetelan akun
  2. Pembuatan dan pengelolaan kelas
  3. Penyetelan dan melihat buku nilai
  4. Mengembangkan dan mengelola kontent bahan ajar
  5. Pengelolaan perkuliahan

Sedangkan untuk kelas lanjut/medium diikuti 14 peserta, dengan instruktur Bp. Hari Prasetyo, Ph.D. Untuk kelas ini lebih diarahkan pada pengayaan konten e-learning, pemanfaatan resource diluar schoology (google drive, google assignment, youtube), praktik siklus PEDATI (PElajari, DAlami, Terapkan, dan evaluasI), dan diskusi.

Dampak yang diharapkan dari adanya kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah dosen yang memiliki ketrampilan dalam melaksanakan pembelajaran e-learning, tanpa mengurangi mutu pendidikan itu sendiri, sehingga akan memperbaiki capaian pembelajaran mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Leave a Reply