Dalam rangka memperkuat pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), pada hari Selasa, tanggal 7 Februari 2023, Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan rapat koordinasi bersama dengan seluruh personil Gugus Penjaminan Mutu (GJM) Fakultas, Unit Penjaminan Mutu (UJM) Program Studi, pimpinan Sekolah Pascasarjana, dan Biro Inovasi Pembelajaran (BIP).
Bertempat di Gedung Auditorium Moch. Djazman, rapat yang dimulai dari pukul 08.30 sampai dengan 16.00 WIB ini terdiri dari 4 pokok pembahasan utama, yakni:
- Arahan dari Wakil Rektor I
- Penyampaian materi penyamaan persepsi terkait Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) khususnya terkait monitoring dan evaluasi
pembelajaran dalam bentuk tatap muka kelas, praktikum, dan Penelitian (TA) - Sharing terkait pengembangan sistem monev UMS
- Diskusi pengembangan instrumen
• Monev Pembelajaran tatap muka, Praktikum, Penelitian S1
• Monev Pembelajaran tatap muka, Praktikum, Penelitian S1 Profesi
• Monev Pembelajaran tatap muka, Praktikum, Penelitian S2 dan S3
Terkait dengan pengembangan instrumen monev pembelajaran, sebenarnya sudah sejak lama direncakanan. Hal ini dikarenakan instrumen dan sistem yang saat ini digunakan di UMS perlu untuk segera di-update agar dapat mengakomodir berbagai kebutuhan dan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Direncanakan, hasil dari instrumen monev pembelajaran yang disusun oleh LJM bersama dengan GJM, UJM, pimpinan Sekolah Pascasarjana, dan BIP nantinya dapat segera diimplementasikan dalam sistem monev pembelajaran yang saat ini sedang dikembangkan, dan dapat digunakan pada semester Genap ini.