Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Selasa, 4 Februari 2020, kembali menerima kunjungan studi banding terkait penjaminan mutu di UMS. Kali ini kunjungan berasal dari sesama Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), yakni Lembaga Perencanaan, Pengembangan, dan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (LP3MPT) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Bertempat di Ruang Rapat Ketua LJM, delegasi yang berjumlah 6 (enam) orang perserta ini  diterima langsung oleh Ketua LJM, Hari Prasetyo, Ph.D.

Kunjungan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB ini diawali dengan ramah-tamah, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat oleh Ketua LJM UMS mengenai penerapan SPMI serta SPME yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lebih lanjut lagi, Hari Prasetyo, Ph.D juga mempresentasikan beberapa instrumen dan sistem informasi terkait audit, monitoring, evaluasi, dan sebagainya yang saat ini dijalankan di UMS seperti APPLE (Aplikasi Pengembangan Lembaga), AMI, EDOM, EVALUMS, dan lainnya. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dan manfaat dari penggunaan berbagai instrumen dan sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan penjaminan mutu di UMS, yang mungkin dapat diadopsi dan dimodifikasi.

Tidak sampai disitu, kunjungan yang bertepatan dengan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) Semester Gasal Tahun Akademik 2019-2020 (30 Januari 2020 sampai dengan 11 Februari 2020) ini juga dimanfaatkan untuk melihat dan mengamati bagaimana proses pelaksanaan Audit Mutu Internal di UMS. Tepatnya, selepas sholat dhuhur, rombongan diantar untuk mengamati pelaksanaan audit yang sedang berlangsung di Sekolah Pasca Sarjana (auditi) dengan dipandu auditor 1, Jumadi, S.Si., M.Sc, PhD dan auditor 2, Sidiq Setyawan M.I.Kom.