Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan studi banding dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Duta Gama Klaten pada Rabu, 13 November 2019. Rombongan STIKES Duta Gama Klaten yang berjumlah 10 orang tersebut diterima oleh Ketua LJM, Hari Prasetyo, Ph.D, didampingi Prof. Dr. Muhtadi, M.Si selaku Kabid. Inovasi Pembelajaran – LJM dan Ir. Nur Hidayati, M.T., Ph.D selaku Kabid. Pengendalian Sistem – LJM di Ruang Rapat LJM Lt. 6, Gedung Induk Siti Walidah – UMS.

Study banding ini dilakukan oleh STIKES Duta Gama Klaten sebagai upaya peningkatan mutu perguruan tinggi. Sebagaimana tertuang dalam surat permohonan yang diajukan oleh STIKES Duta Gama Klaten kepada UMS, terdapat tiga sasaran utama dalam studi banding ini, yakni terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dan Promosi yang diterapkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Terkait dengan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang memang menjadi ranah LJM, Ketua LJM didampingi Kabid. Pengendalian Sistem dan Kabid. Inovasi Pembelajaran mencoba mempresentasikan bagaimana penerapan SPMI di UMS. Tidak hanya itu, disampaikan juga terkait Audit Mutu Internal (AMI) yang secara rutin dilakukan dua kali dalam satu tahun di UMS. Rombongan peserta studi banding ini diberikan gambaran tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dari penerapan SPMI dan AMI di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selanjutnya, setelah mendapat paparan mengenai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan praktik Audit Mutu Internal (AMI) di UMS, sebagian perwakilan dari STIKES Duta Gama Klaten kemudian melanjutkan kunjungannya ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), dan Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Muhammadiyah Surakarta.