Sebanyak 4 orang utusan dari Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan monitoring dan evaluasi Hibah Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2019 di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Rabu (25/9). Beliau adalah:

  1. Hardiana, S.ST., M.E (Kepala Seksi Peningkatan Mutu, Direktorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti)
  2. Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M. Agr. (Universitas Gadjah Mada)
  3. Ir. Sri Paryanto Mursid, M.Sc (Politeknik Negeri Bandung)
  4. Leo(Staf Direktorat Penjaminan Mutu Kemenristekdikti)

Ke-empat anggota Tim Monev Hibah Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2019 tersebut diterima Langsung oleh Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si beserta jajaran pimpinan UMS lainnya termasuk Ketua LJM, dan perwakilan Perguruan Tinggi mitra di Ruang Sidang BPH lantai 6, Gedung Induk Siti Walidah.

Ada beberapa hal yang diagendakan dalam kegiatan Monev ini, diantaranya:

  1. Pertemuan dengan pimpinan Perguruan Tinggi Pengasuh (UMS)
  2. Pertemuan dengan task force PT Pengasuh dan PT Asuhan, serta tim monev internal.
  3. Presentasi tentang pelaksanaan program dan diskusi.
  4. Pertemuan dan diskusi dengan stake holder (Program Studi sasaran dan Penjaminan Mutu)
  5. Administrasi dan keuangan
    – SK Taskforce
    – Laporan hasil kegiatan
    – Dokumen keuangan
  6. Pemeriksaan dokumen luaran program PT Asuh (Dokumen SPMI)
  7. Penyampaian umpan balik dan penutupan

Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dalam sambutannya mengucapakan terimakasih kepada Kemenristekdikti karena telah memberikan kepercayaan dan amanah kepada UMS dalam Hibah Program Asuh Menuju Prodi Unggul Tahun 2019. Beliau juga menyampaikan bahwa program ini dapat menjadi ladang ibadah bagi semua pihak yang terlibat khususnya UMS, sebagaimana komitmen UMS untuk turut membantu dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selanjutnya, dalam sesi yang berbeda, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) UMS, Hari Prasetyo, Ph.D turut menyampaikan laporannya terkait pelaksanaan hibah program asuh menuju prodi unggul. Alhamdulillah hampir seluruh rangkaian kegiatan telah dilaksanakan, mulai dari: 1) Penyamaan Persepsi Pimpinan dan Open House Tata Kelola UMS; 2) Lokakarya SPMI dan Pelatihan AMI (Tegal dan Surakarta); 3) Program Magang Penjaminan Mutu di UMS. Masih menyisakan satu kegiatan lagi yang belum dilaksanakan, yakni Monev ke Perguran Tinggi mitra, yang dijadwalkan pelaksanaanya pada bulan Oktober 2019.