Ketua Lembaga Penjaminan Mutu:

  • Menyusun rencana strategis pengembangan dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di universitas, baik Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) pada level nasional dan internasional.
  • Menyusun dokumen sistem penjaminan mutu internal UMS serta membuat perangkat yang diperlukan dan sistem informasinya dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu yang efektif dan efisien.
  • Merancang indikator kinerja di tingkat Universitas, Fakultas dan seluruh Program Studi melalui benchmarking dengan berbagai standar nasional dan internasional.
  • Melaksanakan dan memonitor sistem penjaminan mutu dan berbagai perangkat yang diperlukan baik akademik maupun non-akademik di level Program Studi, Fakultas dan Universitas
  • Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem penjaminan mutu dalam bentuk pelaksanaan audit mutu secara rutin terhadap Unit/Fakultas/Program Studi di UMS.
  • Melakukan pemantauan dan upaya peningkatan akreditasi Prodi di UMS.
  • Menetapkan, mendokumentasikan, menerapkan dan memelihara sistem penjaminan mutu dan secara berkelanjutan meningkatkan efektivitasnya.
  • Melaksanakan rapat tinjauan manajemen sebagai forum evaluasi dan tindak lanjut hasil audit.
  • Merancang berbagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan tingkat ketercapaian kompetensi lulusan.
  • Mengelola sistem rencana pengembangan Program Studi/Fakultas/Unit selama satu tahun akademik.

Kepala BidangĀ Monitoring Evaluasi dan Audit:

  • Mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan audit internal
  • Membentuk dan meningkatkan kompetensi tim auditor
  • Menyusun rencana audit yang meliputi jadwal, tempat (auditi), aktivitas, lingkup audit dan auditor.
  • Mengkompilasi laporan audit dan melaporkan hasil audit ke ketua sebagai bahan rapat tinjauan manajemen
  • Menyusun instrumen yang diperlukan untuk monev dan audit
  • Mengevaluasi pelaksanaan audit
  • Mengkoordinasi monitoring dan evaluasi kegiatan akademik dan pengukuran pencapaian sasaran mutu unit/program studi/fakultas dan universitas melalui
  • Menyusun laporan hasil monitoring dan evaluasi serta pencapaian sasaran mutu unit/program studi/fakultas.
  • Memonitor hasil akreditasi prodi-prodi di universitas
  • Melakukan pendampingan bagi setiap prodi untuk menyusun borang akreditasi

Kepala Bidang Pengendalian Sistem:

  • Mengkompilasi dokumen mutu yang berlaku di Universitas dan mendistribusikannya, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, ke Unit/Fakultas/Prodi dan personil yang ditetapkan sehingga dapat diakses oleh setiap pihak yang berkepentingan.
  • Mengembangkan dan mengelola sistem informasi yang meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksananaan sistem penjaminan mutu baik SPMI maupun SPME
  • Bekerjasama dengan pengendali dokumen unit atau koordinator GJM untuk mengendalikan mutu proses kegiatan akademik, SDM dan sarana prasarana program studi dan fakultas.
  • Menyiapkan dokumen akhir sistem manajemen mutu untuk rapat pleno pengesahan dokumen oleh pimpinan.
  • Melakukan koordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu pengendali dokumen unit atau koordinator GJM untuk mengendalikan mutu proses kegiatan akademik, SDM dan sarana prasarana program studi dan fakultas.
  • Mempersiapkan sistem dan dokumen sistem manajemen mutu untuk rapat pleno pengesahan dokumen oleh pimpinan

Kepala Bidang Inovasi Pembelajaran:

  • Menyusun strategi peningkatan dan inovasi proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi lulusan.
  • Melaksanakan dan memfasilitasi peningkatan kompetensi dosen dalam bentuk berbagai pelatihan desain pembelajaran untuk internal dan eksternal
  • Melakukan evaluasi secara berkala atas pemenuhan capaian pembelajaran
  • Melaksanakan kajian dan/atau penelitian yang berkaitan dengan berbagai inovasi pembelajaran dan melakukan diseminasi di Universitas.
  • Merancang mekanisme pengembangan kurikulum.
  • Merancang dan mengembangkan sistem mutu pembelajaran.

Tata Usaha, Administrasi Umum, dan Keuangan:

  • Mengelola administrasi berbagai kegiatan di Lembaga Penjaminan Mutu.
  • Mengelola keuangan di Lembaga Penjaminan Mutu.
  • Mengelola sistem informasi di Lembaga Penjaminan Mutu.