Audit Mutu Internal (AMI) Tahun  Akademik 2018/2019 Genap sukses dilaksanakan dari tanggal 1-14 Agustus 2019. Ruang lingkup audit meliputi pelaksanaan kegiatan RPF/RPPS/RPU, dan pengukuran KPI (Key Performance Indicator). AMI kali ini menyasar pada 81 auditi yang terdiri dari Fakultas, Program Studi, dan Unit atau Biro, dengan melibatkan 71 Auditor. Secara jumlah, baik Auditi maupun Auditor pada audit periode ini lebih banyak dibanding dengan periode sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya tambahan Auditi yakni dari program studi profesi, dan tambahan 14 Auditor baru yang sebelumnya telah dinyatakan lulus dalam Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI) yang digelar LJM pada bulan Januari tahun 2019 lalu.

Dengan melibatkan dua orang Auditor per satu Auditi (kecuali Fakultas Farmasi dan Geografi, 3 auditor), satu Auditor difokuskan pada pelaksanaan audit kegiatan RPF/RPPS/RPU melalui sistem http://ami.ums.ac.id, sedangkan Auditor satunya melakukan pengukuran Key Performance Indicator (KPI). Dalam pengukuran KPI ini, Fakultas dan Prodi secara khusus telah dibuatkan aplikasi pengkuran KPI berbasis excel yang mengacu pada Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0. Aplikasi ini dapat menampilkan perbandingan antara hasil pengukuran capaian dari Prodi atau Fakultas dengan target maupun baseline. Sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi prodi maupun fakultas. Aplikasi ini bersifat sementara, karena direncanakan akan dikembangkan lagi dalam bentuk web-base system agar dapat dijalankan secara realtime, terintegrasi, serta data yang masuk dapat dengan mudah diolah.

Secara umum, pelaksanaan Audit Mutu Internal Tahun Akademik 2018/2019 Genap sukses dilaksanakan. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara berbagai pihak, baik Universitas melalui LJM sebagai pelaksana kegiatan, Auditi, maupun Auditor. Selain itu, pembekalan bagi Auditi dan Auditor yang telah diberikan sebelum pelaksanaan audit, juga memiliki andil yang cukup besar dalam kesuksesan audit periode ini.

Selanjutnya, hasil audit akan dibawa dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) untuk disampaikan kepada seluruh pihak terkait. Semoga ke depan, pelaksanaan Audit Mutu Internal dapat dijalankan dengan lebih baik lagi, sehingga kualitas catur dharma dapat terus meningkat.